Total Pageviews

Home » , » Etika dalam Patungan Usaha | bikin usaha bareng

Etika dalam Patungan Usaha | bikin usaha bareng

Membuat sebuah usaha memang di butuhkan Modal yang cukup besar, modal disini tidak hanya berupa materi namun bisa juga Skill dan SDM dan jika dikatakan bahwa modal uang adalah yang terakhir saat ini saya mengiyakan dan Setuju.

singkat kata, seiring banyaknya kata kunci di google tentang Etika dalam patungan usaha  yang nyasar pada artikel Patungan Usaha ala Yusuf mansur yang juga pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu maka izinkan saya berbagi sedikit coretan mengenai sebuah etika dalam menjalankan patungan Usaha.

artikel ini saya kutip dari salah satu website bisnisukm.com

Seperti yang saya tulis diatas, bahwasannya yang dinamakan Modal adalah tidak selamanya yang berhubungan dengan Materi (uang) maka biasanya untuk mengurangi factor resiko masing masing yang terlibat akan memberikan sumbangsih sesuai Porsi dan kemampuannya masing masing.
Yang perlu di garis bawahi dari awal adalah membuat sebuah perjanjian sebelum memulai usaha barengan


berikut 7 tips sebelum memulai patungan usaha

1. Perhitungkan rencana kerja meliputi penghitungan modal dan penghitungan komponen biaya usaha yakni biaya tetap (biaya operasional) dan biaya variable (biaya produksi per unit produk) dengan cermat.

2. Pembagian peran yang jelas. Siapa saja yang bertindak sebagai ‘investor/pemodal’, siapa saja yang bertindak sebagai ‘pelaksana/yang menjalankan usaha’, dan siapa saja yang bertindak sebagai ‘investor sekaligus pelaksana’.

3. Pembagian tugas yang jelas antara pihak pelaksana
Si A melakukan apa/ kenapa/ tugas dan wewenangnya sampai mana/ support terhadap tim seperti apa.
Si B melakukan apa/ kenapa/ tugas dan wewenangnya sampai mana/ support terhadap tim seperti apa.

4. Tentukan frekuensi waktu untuk melaksanakan audit pada usaha.

5. Investor sebaiknya mendapatkan pembagian laba saja dalam frekuensi waktu tertentu yang disepakati (missal setiap 6 bulan atau 12 bulan)

6. Pelaksana sebaiknya mendapatkan gaji bulanan saja yang besarannya sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing dan mesti disesuaikan juga dengan cash flow dan target yang akan dicapai.

7. Investor yang sekaligus pelaksana akan mendapatkan gaji bulanan sekaligus pembagian laba.

demikian itulah tips sederhana untuk mendirikan patungan usaha semoga bermanfaat dan silahkan menambahkan jika ada  masukan
catatan : buatlah ikatan perjanjian secara hukum dinotaris jika di perlukan

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel Etika dalam Patungan Usaha | bikin usaha bareng ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~