Total Pageviews

Home » » Memahami Pola pikir Google Bot Secara Sederhana untuk SeO

Memahami Pola pikir Google Bot Secara Sederhana untuk SeO

Setelah Seorang teman bener-bener memasrahkan pengelolaan 3 web utama perusahaannya kepada saya, mau tidak mau saya harus berlari kesana kemari untuk belajar mengenai SeO di antara beberapa hal yang saya baca ternyata dalam pemikiran saya itu "salah kaprah" mengingat ada beberapa artikel bagus dan menurut saya sesuai dengan pola pikir kita sebagai pembaca postingan atau artikel,
beberapa yang menurut saya salah dalam menerapkan SeO adalah

  1. Penempatan keyword yang tidak pas, dalam sebuah artikel terkadang ada yang memasukkan puluhan keyword hingga kata-katanya jadi muter muter tidak karuan bahkan ada beberapa tehnik yang menganjurkan untuk menyembunyikan keyword dengan menyamarkan dengan font kecil dan samar dengan background tehnik ini dulu memang sempat populer tapi makin lama google juga makin pinter ;-)
  2.  Memburu backlink secara membabi buta : Logika sederhana google bisa kita urai sebagai berikut : mari kita samakan logika google sepertihalnya kita (manusia) bukan robot, misalnya ada dua situs. situs A memiliki 50 backlink dari beberapa situs sedangkan situs B hanya memiliki 20 Backlink secara sederhana kita pasti akan menilai situs A mempunyai kesempatan mendapatkan pengunjung lebih banyak namun ketika ternyata kita menemuka bahwa Backlink Situs B yang hanya 20 akan tetapi dari situs yang membahas atau bertema besar sesuai dengan situs B maka Otomatis situs B dalam penilaian kita tentu lebih berkualitas, begitu juga dengan logika GooGle bukan?

SEO Expert?

"Karena Google tidak membeberkan algoritmanya, maka tidak ada seorang yang benar-benar tahu cara kerja Google. Jadi, adakah SEO expert? Menurut saya tidak ada. Bagaimana bisa mereka mengklaim ahli tentang Google sementara cara kerjanya pun tidak tahu!"
Begini, Google mendatangi setiap situs, membaca isinya, menuliskan ke database, lalu membandingkan dengan situs lain. Coba pikirkan! Bukankah ini sama dengan perilaku pengunjung biasa? Pengunjung mengunjungi sebuah situs, membaca isinya, lalu membandingkan dengan situs lain. Jika situs ini menarik tentu mereka akan mengingatnya dan berkunjung kembali. Jadi, anggaplah Google sebagai versi mesin dari para pengunjung situs Anda.

kesimpulan yang juga sederhana

Setelah menyadari bahwa Google berfikir sama seperti pengunjung lainnya, maka yang harus kita lakukan adalah mulai menulis untuk pengunjung. Menulislah untuk pengunjung (manusia), bukan robot! Jangan membombardir isi tulisan dengan link internal. Tidak perlu menebalkan setiap keyword. Tidak perlu memaksakan harus menulis keyword di paragraf pertama artikel. Menulislah seperti manusia normal.
Hentikan berburu backlink sebanyak-banyaknya. Jangan mengemis untuk bertukar link, apalagi membeli link. Ini buruk untuk reputasi situs Anda. Bahkan Google sendiri menyebutnya cara terburuk untuk memperoleh link dan sama sekali tidak berguna.
"It’s important to clarify that any legitimate link building strategy is a long-term effort. There are those who advocate for short-lived, often spammy methods, but these are not advisable if you care for your site’s reputation. Buying PageRank-passing links or randomly exchanging links are the worst ways of attempting to gather links and they’re likely to have no positive impact on your site’s performance over time. If your site’s visibility in the Google index is important to you it’s best to avoid them."

Jangan mengorbankan kualitas situs Anda. Buatlah artikel-artikel berkualitas. Berpikirlah jangka panjang. Jangan mengharapkan kepopuleran secara mendadak. Pikirkan reputasi situs Anda.
Perhatikan web usability, yaitu dengan mempermudah pengunjung agar memperoleh informasi dengan cepat dan efisien. Jangan persulit pengguna dengan hal-hal yang tidak perlu.
Jika reputasi situs Anda baik di mata pengunjung maka Google akan berpikir sama.

Refrensi :
dari berbagai sumber
special thanks to ; Mr. Jeprie dalam artikelnya tentang "Pemikiran sederhana tentang SeO"

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel Memahami Pola pikir Google Bot Secara Sederhana untuk SeO ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~