Total Pageviews

Home » » Basa Bali Muncul di laman google Indonesia

Basa Bali Muncul di laman google Indonesia

Dalam upayanya mengembangkan kemajuan teknologi informasi google di Indonesia serta kultur budayanya maka pada opsi pencarian di google.co.id yang sebelumnya menampilkan opsi bahasa jawa kini telah muncul satu lagi yakni Basa bali.

Seperti dikatakan oleh Head of Country Google Indonesia, penambahan fitur bahasa daerah pada mesin pencari google.co.id merupakan bentuk Google Indonesia dalam turut serta melestarikan warisan Nusantara. Dan pemilihan Bahasa Bali kedalam menu opsi bahsa di google.co.id karena bahasa daerah bali ini di pakai lebih oleh 4 juta orang.

    "Kami berharap bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak pengguna internet untuk menemukan informasi yang dibutuhkan," kata Rudy, Jumat, 15 Februari 2013. (id.berita.yahoo.com )

Sedagkan dalam proses pengembangan bahasa Bali ke dalam halaman depan google Search engine Indonesia ini fihak Google indonesia menjalin kerjasama dengan 45 ahli bahsa daerah serta MahasiswaPara ahli bahasa itu berasal dari Universitas Udayana, Yayasan Dwijenda, serta BASAbali.org. Penerjemahan sendiri dilakukan pada Maret-April 2012.

Kepala Ahli  BASAbali.org Windu Sanjaya mengatakan, pencantuman bahasa bali pada halaman mesin pencari google.co.id ini sebagai kemajuan yang sangat menggembirakan bagi masyarakat Pulau Dewata. Apalagi perkembangan teknologi sudah kian banyak di pakai oleh masyarakat. "Semoga bahasa daerah di Google dapat menciptakan kesadaran bagi mereka untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa Bali, di tengah-tengah globalisasi," kata Windhu.

Opsi bahasa Bali tersedia pada halaman muka Google dan hasil pencarian. "Namun bahasa Bali tidak akan menjadi salah satu bahasa di Google Translate," ujar Rudy.

CORNILA DESYANA

Editor : admin

Sumber : id.berita.yahoo.com

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel Basa Bali Muncul di laman google Indonesia ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~