Total Pageviews

Home » , » Ada Lambang Zionis Pada Tugu Jogja 'Bintang David'

Ada Lambang Zionis Pada Tugu Jogja 'Bintang David'

tugu jogja,sejarah tugu jogja, golong gilig
Siapapun yang pernah menginjakkan kaki di kota pelajar Jogjakarta ini pasti tahu keberadaan 'Tugu Jogja', Tugu yang menjadi simbol Landmark Kota Jogja yang Paling Terkenal ini berada tepat pada jantung kota Jogjakarta tepatnya pada Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro ini memiliki latar belakang sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari kejayaan Jogjakarta.

Melihat sejarah didirikannya Tugu Jogja ini, Kita pasti bisa merasakan sebuah makna filosofi akan ' Manunggaling kawulo gusti' ( menyatunya seorang hamba kepada tuhannya )  yang mana di magsudkan untuk semangat perlawana terhadap penjajahan belanda kala itu dengan bentuk awal yaitu Golong (bulat) Gilig (silinder)_yogyes.com  'lihat pada gambar'  hingga disebut ' Tugu Golong Gilig'


Pada awalnya bangunan Tugu Golong Gilig ini berdiri setinggi 25 meter hingga terjadi gempa maha dahsyat yang mengguncang Jogja pada  tanggal 10 Juni 1867, hingga pada tahun 1889 belanda membangun kembali namun tidak nampak pada bentuk awal yang berbentuk Golong gilig lagi namun berbentuk kerucut yang runcing dan bentuk persegi pada tiap sisi dan dihiasi ornamen-ornamen semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam renovasi itu.

Lambang Zionis " Bintang David" pada Tugu Jogja 
Simbol bendera Zionis pada Tugu Jogja
Dengan perubahan bentuk dari Golong Gilig menjadi seperti yang sekarang ini, tugu tersebut berubah bentuk sekaligus berubah nama menjadi De Witt Paal atau Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja. Namun, ada hal yang sampai saat ini belum atau terpecahkan secara rinci mengenai keberadaan simbol " Bintang David " atau bentuk 2 buah segitiga yang di satukan dengan sisi berlawanan tersebut.
hal inilah yang membuat saya tertarik setelah membaca salah satu artikel dari situs 'bagikisah.com' dengan judul artikelnya Simbol 'Bintang David' Menempel di Tugu Jogja yang di tulis oleh mbak rahma sebagai adminnya.

Seperti kita tahu, keberadaan negara Zionis tentu sangatlah jauh dari Negri kita Indonesia, Namun pada Tugu yang dibangun pada tahun 1889 oelh Dr. T.H. Stevens ini  Nyata adanya tedapat Gambar Bintang Israel yang menempel pada beberapa sisinya, entah misteri apa yang terkandung pada makna lambang Bintang Davis tersebut namun seorang sejarawan Belanda memaparkan tentang adanya gerakan  dan tokoh Freemasonry di Indonesia. Buku ini berjudul "Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764-1962" yang edisi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh Sinar Harapan dalam jumlah yang sangat terbatas.
semoga ada sejarawan yang mengungkap,- 

*artikel ini terinpirasi dari situs bagikisah.com kemudian mencari refrensi tentang sejarah Tugu pada situs Yogyes.com, dan gambarpun bersumber dari kedua situs tersebut.
selamat menunaikan ibadah puasa....
4.5

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel Ada Lambang Zionis Pada Tugu Jogja 'Bintang David' ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~