Total Pageviews

Home » » 7 Tips Atasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja di kantor

7 Tips Atasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja di kantor

Mendapat serangan rasa ngantuk saat bekerja adalah sebuah satu hal yang sangat menjengkelkan, hal ini tentu sangat menggangu dan bisa membuat kita malu jika ketahuan teman kerja kita apalagi sampai ketahuan atasan kita, mungkin kalo ngantuk di kantor pas bulan puasa sih sedikit bisa di maklumin tapi kalo sudah menjadi kebiasaan kita di kantor mau ndak mau harus segera kita koreksi, ada apa dengan diri kita. berikut ada kiat sederhana yang bisa kita coba untuk mengatasi rasa ngantuk saat bekerja

Jika Anda tergolong orang yang kerap diserang rasa kantuk saat bekerja, mungkin kiat sederhana berikut bisa dicoba untuk membuat Anda bangkit dari kantuk.

1. Konsumsi kafein
Dengan meminum secangkir kopi atau teh, atau Cola mungin bisa sedikit mengurangi rasa kantuk kita, karena pada minuman tersebut adalah sumber kafein yakni Stimulan atau Zat yang mampu meningkatkan produksi adrenalin yang bisa menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk. Hal ini di sarankan oleh para ahli untuk mengkonsumsi kafein dalam setiap hatinya TIDAK lebih dari 200 miligram atau setara dengan tiga cangkir Kopi.


2. Dengarkan musik
ada sebuah Studi yang di lakukan di Taiwan bawasannya  seseorang yang mendengarkan Musik sebelum mengerjakan Soal ujian cenderung memiliki konsentrasi lebih tinggi di banding dengan yang tidak mendengarkan music sebelumnya, dan Musik favorit juga bisa menjadi pemicu untuk mengembalikan Mood dan meningkatkan kemampuan Otak kita.

3. Ngemil

ternyata Ngemil juga lumayan ampuh sebagai “ Obat “ pengusir rasa ngantuk saat bekerja, pada tahun 2011 ada sebuah strudi yang menemukan bahwa protein mampu merangsang sel orexin otak yang akan mengirimkan impuls listrik yang akan membuat kita tetap waspada dan terjaga, Sebagai perbandingan, camilan yang kaya karbohidrat justru dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya sehingga membuat kita mudah ngantuk.

4. Bergerak
ber jam jam duduk di depan computer membuat tubuh kita pegal pegal dan menjadi jenuh, hal ini bisa menjadi pemicu kita menjadi Ngantuk saat bekerja, cobalah untuk melakukan peregangan otot secara ringan dengan bergerak, berdiri dan jalan jalan sebentar

5. Paparan sinar matahari

Ruangan kerja yang kurang cahaya bisa membuat mata sulit terbuka. Studi yang dilakukan di Perancis terhadap 13.000 karyawan menemukan, mereka yang ruangannya terpapar cahaya matahari jarang mengantuk saat bekerja dan risikonya menderita insomnia lebih rendah.

6. Rangsang indra penciuman

ada beberapa aroma yang ternyata cukup efektif untuk mengembalikan focus kita. Dan beberpa aroma yang cukup efektif membuat mata kita kembali fresh diantaranya adalah pepermint, kayu manis, kopi, dan juga cokelat

7. Kunjungi dokter

namun bila anda sudah cukup tersiksa dan terus menerus mengalami rasa kantuk yang tidak tertahankan di dalam kantor dan cukup menyiksa anda, tentu anda harus melakukan konsultasi kedokter, karna mungkin saja ini adalah awal gejala gangguan kesehatan bagi anda dan bisa saja anda saat ini sedang menlamai  anemia atau sleep apnea.

Demikian trik sederhana mengatasi rasa kantuk saat bekerja di kantor semoga bermanfaat bagi kita semua
Sumber artikel : Kompas.com

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel 7 Tips Atasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja di kantor ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~