Total Pageviews

Home » » 5 Pertolongan Pertama pada Wasir dan 9 Tipspenghindari kambuhnya

5 Pertolongan Pertama pada Wasir dan 9 Tipspenghindari kambuhnya

ilustrasi
Baru buka facebook langsung tertarik sama salah satu postingan yang di tulis oleh om Mathori A elwa mengenai tips bagi penderita wasir, berikut ini katanya pengalaman kakeknya yang cba di tulis untuk teman2 facebook dan kembali saya unggah ke Blog ini agar bermanfaat bagi yang membutuhkan.
tapi kalo mau ke klinik Tong fang ya maaf saja..., saya ndak punya akses untuk kesana....,
oke langsung saja berikut tips-tips merawat dan mencegah Wasir kambuh atau merawat Wasir yang baru kambuh. atau juga bisa di maknai Mencegah kambuhnya sang Wasir

Hindari:

  1. Makanan yang pedas (terutama yang mengandung cabe). Apalagi saos. Saos amat jahat bagi wasir (karena langsung bereaksi paling cepat disbanding makanan larangan lainnya setelah daging kambing).
  2. Makanan/minuman yang asam (kecut).
  3. Daging kambing (ganti aja daging kelinci). Sapi masih agak mending, tapi jangan sering-sering. Daging kambing amat jahat bagi wasir.
  4. Duren
  5. Nangka dan sayur nangka/gudeg yang masih baru (keras).
  6. Salak
  7. Lengkeng
  8. Kurangi makanan gorengan
  9. Segalama macam es

Dianjurkan:

  1. Olahraga secara teratur, terutama naik sepeda dan banyak minum air putih.
  2. Banyak mengkonsumsi sayur-mayur
  3. Jika wasir sedang menyerang (biasanya setelah buang air besar karena mengejan akibat melanggar pantangan), berbaringlah (sekitar 30 menit), nanti tonjolan yang keluar dubur (jika wasirnya termasuk wasir ekternal (keluar dan berdarah) akan masuk dengan sendirinya. Pakailah softek (pembalut wanita) [meskipun penderitanya laki-laki] untuk mencegah darah merembet ke celana. Sebelum tonjolan masuk sendiri, hindari duduk atau bekerja dan hindari juga mengangkat barang berat.
  4. Konsumsi juga Alue Vera (lidah buaya) secara rutin. Bagus untuk pencernaan dan usus (dubur). Aluvera dikupas, diiris-iris dadu, lalu direndam air hangat/panas, buang liurnya dan bilas beberapa kali hingga air liurnya berkurang. Dadu-dadu lidah buaya dicampur madu lalu dikonsumsi. Enak dan segar. Alue vera juga sudah dijual di beberapa supermarket. Saya pernah beli di INDOMARET. Tapi manis banget. Terlalu manis! Lebih mahal dikit disbanding minuman instan lainnya. Ada juga produk dari IPB dan beberapa produsen lainnya.
  5. Konsumsi “KOPI PISANG KEPOK”.
  6. (Pisang KEPOK/pisang yang banyak isinya dan manis kalau sudah matang). Biasanya dijual di pasar di tempat orang jual bunga untuk sajen he he. Harganya MURAH MERIAH, karena tergolong pisang yang dianggap tak berguna dalam masyarakat kita, kanya sering dibuang). Tapi jangan yang muda (biasanya untuk pelengkap RUJAK). 
***Cara membuatnya: Pisang yang sudah matang (kulitnya berwarna kuning dan empuk) dibuang kulitnya. Pisangnya dibakar hingga menjadi arang. Biasanya agak lama.
-Mbakarnya pakai arang kelapa dan dikipasi pakai kipas angin biar cepat jadi arang). Setelah benar-benar jadi arang, 
-tumbuklah arang pisang itu hingga menjadi bubuk. Biarkan isinya nggak halus juga nggak papa, jangan dibuang. 
-Ambil 1-2 sendok teh, taruh di gelas kecil (cangkir), lalu dikasih madu dan dialiri air mendidih. Aduk. Aromanya sedaaap. Wangi. Saring lalu minum seperti minum kopi. Bisa juga langsung habiskan seperti minum kalo haus. Beberapa detik kemudian angina akan keluar dari lubang: duuut! Lega. Jika memungkinkan 3 kali sehari agar sembuh (!)

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



4.5

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel 5 Pertolongan Pertama pada Wasir dan 9 Tipspenghindari kambuhnya ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~