Total Pageviews

Home » » Pecel Madiun, Warisan Kuliner Indonesia

Pecel Madiun, Warisan Kuliner Indonesia

pecel madiun,pecel,nasi pecel
Siapa yang tak kenal dengan salah satu menu kuliner warisan budaya ini. Pecel sudah menjadi menu yang sangat akrab bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pecel yang juga menjadi salah satu makanan has kota madiun ini memang ber citarasa Indonesia banget. Dengan racikan dari rebusan rebusan sayuran bayam, tauge, kacang hijau, kemangi, daun turi, Krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang disajikan dengan siraman sambal khas ya itu sambel  pecel.

Ciri khas yang sangat menonjol pada sambal pecel adalah rasa pedas dan manis . dan konon katanya cerita yang mengalir di masyarakat adalah Sejarah  makanan Pesel ini di racik dan Di jual Seorang mbok pedangang yang bernama Mbok pecel ( nama kuno jawa ) yang berasal dari Kota madiun sehingga terkenalnya  adalah Pecel Madiun.


Satu lagi ciri khas sebagai pecel madiun adalah cara menghidangkannya biasanya satu paket dengan  rempeyek kacang atau rempeyek udang. Tak hanya itu biasanya pecel dimakan bersama nasi putih hangat dan aneka lauk daging ayam dan jeroan.


Kalo dilihat sepintas baik tampilan maupun dari nama, pecel memang agak mirip dengan menu lainnya yaitu gado-gado.  Namun ada saja perbedaan baik dari bahan-bahan maupun bentuk penyajian. Untuk penyajiannya, bisa dalam piring serta pincuk atau daun yang dilipat. Daun jeruk purut adalah salah satu ciri bumbu pecel yang tak ditemui dalam gado-gado.


Secara Konsep, hidangan Pecel yang ada di Indonesia dan merupakan menu warisan nusantara ini mirip dengan salad dari eropa.  Dan keduanya juga menggunakan bahan baku sayuran segar sebagai bahan utama dan menggunakan Topping. Hanya saja perbedaannya adalah jika Salad yang dari Eropa menggunakan Mayones sebagai topping sedangkan Pecel menggunakan Bumbu kacang atau sambal pecel untuk Toppingnya.


Dan uniknya
Nama pecel sendiri memiliki arti yang berbeda di setiap daerah. Ternyata di Slawi, Tegal pecel tidak disajikan dalam bentuk sayur-sayuran melainkan berbentuk rujak. Pecel versi daerah ini berisi buah-buahan segar, seperti jambu, nanas, pepaya, dan mangga, serta disirami dengan saus gula merah kental., bet


 

4.5

Posted by : Admin ~ / e-Clopedia

Artikel Pecel Madiun, Warisan Kuliner Indonesia ini Diposting oleh :Admin Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. atau pada menu Contact Us,
~ Terima kasih atas kunjungannya Semoga Bermanfaat.~